Langsung ke konten utama

MIXED REALITY MONOPOLY MULTIPLAYERS WITH MICROSOFT HOLOLENS


Game di era teknologi ini sangat  pesat perkembangannya mulai dari game online maupun game ofline. Kini permainan  atau game tradisional sudah mulai ditinggalkan dan digantikan oleh game digital. Untuk membangkitkan eksistensi game tradisional maka dibuatlah games Mixed Reality Monopoly  Multiplayers dengan menggunakan hololens. Monopoli merupakan game board atau permainan yang dilakukan dengan menggunakan papan permainan, pemainan monopoli ini dimainkan oleh dua orang atau lebih. Pembuatan aplikasi ini bertujuan supaya anak bisa bermain dengan bergerak dan bersosialisasi dengan teman sebayanya walaupun menggunakan gadget yang berteknologi tinggi. Games mixed reality monopoly dengan menggunakan hololens ini merupakan pengembangan dari game monopoly yang sudah berkembang dimasyarakat. Pada pembuatan games ini kita menggunakan C# untuk Bahasa pemrogramannya dan RabbitMQ digunakan untuk server messaging. Untuk menghubungkan antara pemain satu dangan pemain yang lainnya atau hololens yang satu dengan hololens yang lain menggunakan protocol AMQP. 

A.      Kebutuhan non-fungsional
Kebutuhan non-fungsional pada pembuatan games mixed reality monopoly  multiplayers yaitu kebutuhan pada peragkat keras (Hardware) dan perangkat lunak (Software).
Kebutuhan perangkat keras yaitu dengan spesifikasi sebagai berikut:
1.       Satu buah laptop dengan processor intel i7
2.       Satu buah laptop dengan processor intel i5-7200U
3.       VGA NVIDIA GEFORCE
4.       RAM 16 GB dan 12 GB
5.       Hololens
Kebutuhan non-fungsional pada perangkat lunak yang digunakan untuk membuat games mixed reality monopoly  multiplayers yaitu dengan spesifikasi sebagai berikut:
1.       Visual Studio 2015
2.       RabbitMQ
3.       Blender
4.       OS Windows 10
5.       Hololens Emulator
6.       Erlang
7.       Node JS
B.      Kebutuhan fungsional
Kebutuhan fungsional  merupakan  layanan yang disediakan oleh system untuk merepresentasikan tujuan dari pembuatan system bagi pengguna serta tahapan system berjalan. Berikut kebutuhan fungsional dalam pebuatan games mixed reality monopoly  multiplayers:
1.       Pemain mendapatkan gaji ketika melewati /berhenti di petak START sebesar $1.500
2.       Ketika satu kali tapped dadu akan di randem dan bidak begerak sesusai dengan jumlah dadu yang keluar.
3.       Ketika bidak berhenti pada petak tertentu maka bidak tersebut akan otomatis membeli tanah tersebut

Pada tahap implementasi dibuat tekstur dengan menggunakan aplikasi blender, tektur yag dibuat antara lain, dua buah bidak (pion) , dadu, papan permainan, rumah, hotel. Kemudian tekstur tersebut diimplementasikan untuk tampilan pada hololens dengan memanggilnya pada Bahasa pemrograman C# kemudian dilakukan konfigurasi pada RabbitMQ. Untuk membangun Komunikasi (Server) dengan RabbitMQ kami menggunakan Node JS untuk melakukan konfigurasi. Berikut adalah koneksi untuk RMQnya.



Gambar 7 Arsitektur sistem
 Cara kerja system ini adalah client melakukan request data kepada server melalui queue yang nanti akan diteruskan kepada client dan nantinya client akan mendapatkan data tersebut.
Berikut adalah implementasi aplikasi permainan Monopoli pada hololens


Pada proses pengujian aplikasi dilakukan dengan melakukan dua proses yaitu dengan menggunakan emulator yang ada pada Microsoft Visual Studio dan dengan menggunakan hololens dengan cara mengupload terlebih dahulu program yang sudah dibuat kedalam Microsoft Hololen. Berikut adalah hasil pengujia
1.       Pengujian alur permainan monopoli dilakukan dengan menggunakan hololens, pengujian ini ingin mengetahui apakah permainan monopoli sudah bejalan sesual dengan alur yang dibuat.

Gambar 8 Pengujian aplikasi pada emulator
  


Gambar 9 Pengujian aplikasi pada hololens
Pada gambar 8 dan gambar 9 menunjukan aplikasi berjalan sesuai dengan yang diinginkan, pion bergerak sesuai dengan mata dadu yang ditampilkan.
2.       Pengujian pada mata dadu ini bertujuan apakah dadu menampilkan dengan random, pada gambar 8 dan gambar 9 dadu ditampilkan secara random. Ketika pemain melakukan taped maka akan keluar mata dadu kemudian jika pemain melakukan taped kembali akan keluar jumlah mata dadu yang berbeda pula.
3.       Pengujian pada server RMQ ini bertujian apakah data masuk dan server mengolah data tersebut atau tidak.


Gambar 10 Pengujian aliran data pada server RMQ

Pada gambar 10 menunjukan data masuk dan telah diolah di server. Ketika pemain melakukan taped maka akan
keluar jumlah mata dadu dan pion akan bergerak sesuai dengan mata dadu yang keluar kemuadian server akan
diinfokan pemain keberapa yang main, pion berada di posisi bidak keberapa, jika pion berada di posisi bidak
dengan tanah yang belum berkepemilikan makan akan di infokan pemain tersebut membeli tanah yang disinggahi
oleh bidak.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Without Water Everything Is Nothing

 Pernah Gak sih kalian ngerasa hidup tanpa air itu seperti semua kebahagian kalian itu hilang??? Aku mau cerita sedikit, aku dulu pernah ngerasa hidup tanpa air segalanya itu jadi tidak ada apa-apanya. Pertama kali perjalanan jauh naik pesawai yang kurang lebih 8 jam didalam pesawat aku harus nahan buang air kecil, dan itu kira-kira Januari 2015. Aku kira didalam toilet pesawat itu ada air 😓 karena aku belum pernah masuk toilet pesat biasanya aku tahan dan kalau sudah sampai aku langsung nyari toilet, ternyata tidak ada dan itu aku merasa tersiksa banget sumpah dan anehnya lagi aku berkali-kali bulak-balik toilet seperti untuk memastikan ada air apa tidak 😪.  Tiba-tiba ada penumpang lain yang memaksa ingin membeli air mineral yang biasa untuk minum, bapaknya itu marah-marah karena pramugari tidak memberikan air mineral tersebut untuk dibeli. Bapaknya itu maksa sampe mau beli 1 botol yang isinya 1liter seharga seratus ribu. Tapi aku salut sama pramugarinya sabar dan masih ngejalanin S

Simulasi Arduino + Soil Moisture Sensor "tinkercad"

Haloooooo Hari ini kita akan simulasi arduino dan  soil moisture sensor dengan menggunakan tinkercad. yang harus disiapkan adalah arduino dan soil moisture sensor Buatlah rangkaian seperti gambar dibawah ini Setelah dibuat rangkaiannya klik tombol code kemudian ubah edit mode ke text dan ketikan code dibawah ini int soil; void setup() { Serial.begin(9600); } void loop() { soil = analogRead(A0); Serial.println(soil); delay(15); } Setelah memasukan code diatas kemudian klik start simulation dan teman-teman bisa mengatur kelembaban dengan menggeser icon embun. Untuk lebih jelasnya bisa cek di video ini https://youtu.be/_wM2EjpJIIE

Air Berbau Minyak Tanah

 Assalamualaikum 🙋 Perjalanan 11 hari yang mengesankan!!! Hari pertama sebelum keberangkatan, kami melakukan sholat sunat safar terlebih dahulu dan berpamitan kepada keluarga yang ditinggalkan. Sebelum kebandara kami berkumpul terlebih dahulu di Masjid Pusdai. Dari rumah kami berangkat kira-kira pukul 00.30 WIB dan alhamdulillah perjalanan ke Masjid Pusdai lancar. Setelah sampai di masjid kita diberi pengarahan terlebih dahulu kemudian doa bersama sebelum berangkat ke Bandara Soekarno Hatta. Rombongan berangkat dari masjid kira-kira pukul 02.00 WIB dan tiba di bandara sekitar pukul 04.30 WIB dan alhamdulillah jalanan lancar tidak ada hambatan sedikitpun. Setelah sampai dibandara kami menunggu pembimbing ibadah umroh dari Bogor, kemudian menunggu jam keberangkatan yang dijadwalkan pukul 10.30 WIB. Sekitar pukul 07.00 WIB kami sarapan terlebih dahulu dan menunggu jam keberangkatan di lounge. Karena ditiket pesawat terdapat tulisan tidak dapat makan kaget lah saya dan akhirnya saya mengi