Game di era teknologi ini sangat pesat perkembangannya mulai dari game online maupun game ofline. Kini permainan atau game tradisional sudah mulai ditinggalkan dan digantikan oleh game digital. Untuk membangkitkan eksistensi game tradisional maka dibuatlah games Mixed Reality Monopoly Multiplayers dengan menggunakan hololens. Monopoli merupakan game board atau permainan yang dilakukan dengan menggunakan papan permainan, pemainan monopoli ini dimainkan oleh dua orang atau lebih. Pembuatan aplikasi ini bertujuan supaya anak bisa bermain dengan bergerak dan bersosialisasi dengan teman sebayanya walaupun menggunakan gadget yang berteknologi tinggi. Games mixed reality monopoly dengan menggunakan hololens ini merupakan pengembangan dari game monopoly yang sudah berkembang dimasyarakat. Pada pembuatan games ini kita menggunakan C# untuk Bahasa pemrogramannya dan RabbitMQ digunakan untuk server messaging. Untuk menghubungkan antara pemain satu dangan pemain yang lainnya atau hololens yang satu dengan hololens yang lain menggunakan protocol AMQP.
A.
Kebutuhan non-fungsional
Kebutuhan non-fungsional pada pembuatan games mixed reality monopoly multiplayers yaitu kebutuhan pada peragkat
keras (Hardware) dan perangkat lunak
(Software).
Kebutuhan perangkat keras yaitu dengan spesifikasi sebagai
berikut:
1.
Satu buah laptop dengan processor intel i7
2.
Satu buah laptop dengan processor intel i5-7200U
3.
VGA NVIDIA GEFORCE
4.
RAM 16 GB dan 12 GB
5.
Hololens
Kebutuhan
non-fungsional pada perangkat lunak yang digunakan untuk membuat games mixed
reality monopoly multiplayers yaitu dengan spesifikasi sebagai
berikut:
1.
Visual Studio 2015
2.
RabbitMQ
3.
Blender
4.
OS Windows 10
5.
Hololens Emulator
6.
Erlang
7.
Node JS
B.
Kebutuhan fungsional
Kebutuhan fungsional
merupakan layanan yang disediakan
oleh system untuk merepresentasikan tujuan dari pembuatan system bagi pengguna
serta tahapan system berjalan. Berikut kebutuhan fungsional dalam pebuatan
games mixed reality monopoly multiplayers:
1.
Pemain mendapatkan gaji ketika melewati /berhenti di petak
START sebesar $1.500
2.
Ketika satu kali tapped dadu akan di randem dan bidak
begerak sesusai dengan jumlah dadu yang keluar.
3.
Ketika bidak berhenti pada petak tertentu maka bidak
tersebut akan otomatis membeli tanah tersebut
Pada tahap
implementasi dibuat tekstur dengan menggunakan aplikasi blender, tektur yag
dibuat antara lain, dua buah bidak (pion) , dadu, papan permainan, rumah,
hotel. Kemudian tekstur tersebut diimplementasikan untuk tampilan pada hololens
dengan memanggilnya pada Bahasa pemrograman C# kemudian dilakukan konfigurasi
pada RabbitMQ. Untuk membangun Komunikasi (Server) dengan RabbitMQ kami
menggunakan Node JS untuk melakukan konfigurasi. Berikut adalah koneksi untuk
RMQnya.
Gambar 7 Arsitektur sistem
Cara kerja system ini adalah client melakukan
request data kepada server melalui queue yang nanti akan diteruskan kepada
client dan nantinya client akan mendapatkan data tersebut.
Berikut adalah implementasi aplikasi
permainan Monopoli pada hololens
Pada proses
pengujian aplikasi dilakukan dengan melakukan dua proses yaitu dengan
menggunakan emulator yang ada pada Microsoft Visual Studio dan dengan
menggunakan hololens dengan cara mengupload terlebih dahulu program yang sudah
dibuat kedalam Microsoft Hololen. Berikut adalah hasil pengujia
1.
Pengujian alur permainan monopoli dilakukan dengan
menggunakan hololens, pengujian ini ingin mengetahui apakah permainan monopoli
sudah bejalan sesual dengan alur yang dibuat.
Gambar 9 Pengujian aplikasi pada hololens
Pada gambar 8 dan gambar 9 menunjukan
aplikasi berjalan sesuai dengan yang diinginkan, pion bergerak sesuai dengan
mata dadu yang ditampilkan.
2.
Pengujian pada mata dadu ini bertujuan apakah dadu
menampilkan dengan random, pada gambar 8 dan gambar 9 dadu ditampilkan secara
random. Ketika pemain melakukan taped maka akan keluar mata dadu kemudian jika
pemain melakukan taped kembali akan keluar jumlah mata dadu yang berbeda pula.
3.
Pengujian pada server RMQ ini bertujian apakah data masuk
dan server mengolah data tersebut atau tidak.
Gambar 10 Pengujian aliran data pada server RMQ
Pada gambar 10 menunjukan data masuk dan telah diolah
di server. Ketika pemain melakukan taped maka akan
keluar jumlah mata dadu dan
pion akan bergerak sesuai dengan mata dadu yang keluar kemuadian server akan
diinfokan pemain keberapa yang main, pion berada di posisi bidak keberapa, jika
pion berada di posisi bidak
dengan tanah yang belum berkepemilikan makan akan
di infokan pemain tersebut membeli tanah yang disinggahi
oleh bidak.
Komentar
Posting Komentar