Langsung ke konten utama

MIXED REALITY MONOPOLY MULTIPLAYERS WITH MICROSOFT HOLOLENS


Game di era teknologi ini sangat  pesat perkembangannya mulai dari game online maupun game ofline. Kini permainan  atau game tradisional sudah mulai ditinggalkan dan digantikan oleh game digital. Untuk membangkitkan eksistensi game tradisional maka dibuatlah games Mixed Reality Monopoly  Multiplayers dengan menggunakan hololens. Monopoli merupakan game board atau permainan yang dilakukan dengan menggunakan papan permainan, pemainan monopoli ini dimainkan oleh dua orang atau lebih. Pembuatan aplikasi ini bertujuan supaya anak bisa bermain dengan bergerak dan bersosialisasi dengan teman sebayanya walaupun menggunakan gadget yang berteknologi tinggi. Games mixed reality monopoly dengan menggunakan hololens ini merupakan pengembangan dari game monopoly yang sudah berkembang dimasyarakat. Pada pembuatan games ini kita menggunakan C# untuk Bahasa pemrogramannya dan RabbitMQ digunakan untuk server messaging. Untuk menghubungkan antara pemain satu dangan pemain yang lainnya atau hololens yang satu dengan hololens yang lain menggunakan protocol AMQP. 

A.      Kebutuhan non-fungsional
Kebutuhan non-fungsional pada pembuatan games mixed reality monopoly  multiplayers yaitu kebutuhan pada peragkat keras (Hardware) dan perangkat lunak (Software).
Kebutuhan perangkat keras yaitu dengan spesifikasi sebagai berikut:
1.       Satu buah laptop dengan processor intel i7
2.       Satu buah laptop dengan processor intel i5-7200U
3.       VGA NVIDIA GEFORCE
4.       RAM 16 GB dan 12 GB
5.       Hololens
Kebutuhan non-fungsional pada perangkat lunak yang digunakan untuk membuat games mixed reality monopoly  multiplayers yaitu dengan spesifikasi sebagai berikut:
1.       Visual Studio 2015
2.       RabbitMQ
3.       Blender
4.       OS Windows 10
5.       Hololens Emulator
6.       Erlang
7.       Node JS
B.      Kebutuhan fungsional
Kebutuhan fungsional  merupakan  layanan yang disediakan oleh system untuk merepresentasikan tujuan dari pembuatan system bagi pengguna serta tahapan system berjalan. Berikut kebutuhan fungsional dalam pebuatan games mixed reality monopoly  multiplayers:
1.       Pemain mendapatkan gaji ketika melewati /berhenti di petak START sebesar $1.500
2.       Ketika satu kali tapped dadu akan di randem dan bidak begerak sesusai dengan jumlah dadu yang keluar.
3.       Ketika bidak berhenti pada petak tertentu maka bidak tersebut akan otomatis membeli tanah tersebut

Pada tahap implementasi dibuat tekstur dengan menggunakan aplikasi blender, tektur yag dibuat antara lain, dua buah bidak (pion) , dadu, papan permainan, rumah, hotel. Kemudian tekstur tersebut diimplementasikan untuk tampilan pada hololens dengan memanggilnya pada Bahasa pemrograman C# kemudian dilakukan konfigurasi pada RabbitMQ. Untuk membangun Komunikasi (Server) dengan RabbitMQ kami menggunakan Node JS untuk melakukan konfigurasi. Berikut adalah koneksi untuk RMQnya.



Gambar 7 Arsitektur sistem
 Cara kerja system ini adalah client melakukan request data kepada server melalui queue yang nanti akan diteruskan kepada client dan nantinya client akan mendapatkan data tersebut.
Berikut adalah implementasi aplikasi permainan Monopoli pada hololens


Pada proses pengujian aplikasi dilakukan dengan melakukan dua proses yaitu dengan menggunakan emulator yang ada pada Microsoft Visual Studio dan dengan menggunakan hololens dengan cara mengupload terlebih dahulu program yang sudah dibuat kedalam Microsoft Hololen. Berikut adalah hasil pengujia
1.       Pengujian alur permainan monopoli dilakukan dengan menggunakan hololens, pengujian ini ingin mengetahui apakah permainan monopoli sudah bejalan sesual dengan alur yang dibuat.

Gambar 8 Pengujian aplikasi pada emulator
  


Gambar 9 Pengujian aplikasi pada hololens
Pada gambar 8 dan gambar 9 menunjukan aplikasi berjalan sesuai dengan yang diinginkan, pion bergerak sesuai dengan mata dadu yang ditampilkan.
2.       Pengujian pada mata dadu ini bertujuan apakah dadu menampilkan dengan random, pada gambar 8 dan gambar 9 dadu ditampilkan secara random. Ketika pemain melakukan taped maka akan keluar mata dadu kemudian jika pemain melakukan taped kembali akan keluar jumlah mata dadu yang berbeda pula.
3.       Pengujian pada server RMQ ini bertujian apakah data masuk dan server mengolah data tersebut atau tidak.


Gambar 10 Pengujian aliran data pada server RMQ

Pada gambar 10 menunjukan data masuk dan telah diolah di server. Ketika pemain melakukan taped maka akan
keluar jumlah mata dadu dan pion akan bergerak sesuai dengan mata dadu yang keluar kemuadian server akan
diinfokan pemain keberapa yang main, pion berada di posisi bidak keberapa, jika pion berada di posisi bidak
dengan tanah yang belum berkepemilikan makan akan di infokan pemain tersebut membeli tanah yang disinggahi
oleh bidak.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Membuat Kursi dengan Menggunakan Blender

Buka aplikasi Blender Shift + a pilih Mesh lalu Cube Buat dua layar Layar 1 View lalu pilih Front Layer 2 View lalu pilih Top S untuk memipihkan objek pilih Object Mode kemudian pilih Edit Mode Ctrl+R untuk memotong-motong objek pilih Face  E untuk memberi bentuk kaki kursi, dengan cara tekan ctrl+E kemudian pilih objek yang sudah dipotong lalu tarik kebawah Tekat E lagi untuk memberikan sandaran kursi

Cara Menbuat Kursi menggunakan Blender

Buka aplikasi Blender Shift + a pilih Mesh lalu Cube Buat dua layar Layar 1 View lalu pilih Front Layer 2 View lalu pilih Top

Berjaya Bersama Harimau Ting Ting Ting

Pada hari pertama itu rasanya males banget terus ngerasa kaya pendidikan militer yang bapakStanleynya keras mba Evanya juga, tapi sudah berjalannya waktu yang asalnya seperti pendidikan militer itu penting untuk mengubah karakter dan kedisiplinan. Kemudian waktu jualan jujur rasanya ditok mentah mentah itu sakit banget tapi dengan jualan juga kita bisa mengetahui bagai mana rasanya yang menjdi sales kemudian jualan kerumah untuk menolaknya dengan sopan. Terus mengajarkan kita untuk tidak malu dalam hal posotif, belajar berbicara pada orang yang belum dikenal, juga di ajarin supaya tidak pantang menyerah dalam menawarkan barang kepadak orang. Pada saat gamenya jujur ngerasa sangaat cape tapi permainannya itu keren untuk melatih kita konsentrasi, kerjasama tim, percaya pada orang, dan fokus dalam satu tujuan. Sebelum melakukan game utama ini kita nyanyi-nyanyi dan game pemanasan dulu di lapangan terus disuruh bacain UUD 1945, Sumpah Pemuda, disuruh nyanyi kemerdekaan dan nynyi daerah ...