Langsung ke konten utama

Pengelolaan Informasi Digital

Pengelolaan Informasi Digital memuat materi tentang bagaimana pengolahan informasi digital yang didapat dari hasil pencarian mesin pelacak, menyimpan hasil pelacakan, mengolah/memformatnya menggunakan perangkat lunak pengolah kata dan pengolah angka, kemudian melakukan persiapan untuk mengomunikasikannya menggunakan perangkat lunak pengolah presentasi, dan penyampaian pengololaan informasi dengan teknik presentasi.
Program Aplikasi atau perangkat lunak yang umum digunakan dalam mengolah data ini adalah paket aplikasi perkantoran (office suite). Paket perkantoran yang paling dominan saat ini adalah Microsoft Office, yang tersedia untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Macintosh. Beberapa paket perkantoran lainnya adalah OpenOffice, Kingsoft Office 2013, Lotus SmartSuite, SoftMaker Office dan lain-lain. Pada pembelajaran ini kita menggunakan sistem operasi Microsoft Windows dan aplikasi perkantoran Microsoft Office 2010. Berdasarkan kepemilikan dan hak pemakaian, perangkat lunak dapat digolongkan menjadi 2 kelompok, yaitu perangkat lunak yang dilindungi hak cipta (proprietary software) dan perangkat lunak sumber terbuka (open source). Perangkat lunak yang dilindungi hak cipta (proprietary software) atau lazim disebut perangkat lunak berbayar adalah perangkat lunak dengan pembatasan terhadap penggunaan, penyalinan, dan modifikasi yang diterapkan oleh proprietor atau pemegang hak. Open source software adalah jenis perangkat lunak yang kode sumbernya terbuka untuk dipelajari, diubah, ditingkatkan, dan disebarluaskan dengan catatan, bahwa tiap perubahan mewajibkan pengembang memberitahukan hal yang dilakukan kepada penciptanya.
Sebelum memulai Kegiatan Belajar 1, hal yang sangat perlu Anda perhatikan adalah cara meletakkan jari Anda pada papan ketik (Keyboard) untuk kemudahan pengetikan dan mempercepat penyelesaian tugas Anda.


Letak jari pada huruf ASDFG dan HJKL:


Letak jari pada huruf QWERT dan YUIOP


Letak jari pada huruf ZXCVB dan NM<>?



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Simulasi Arduino + Soil Moisture Sensor "tinkercad"

Haloooooo Hari ini kita akan simulasi arduino dan  soil moisture sensor dengan menggunakan tinkercad. yang harus disiapkan adalah arduino dan soil moisture sensor Buatlah rangkaian seperti gambar dibawah ini Setelah dibuat rangkaiannya klik tombol code kemudian ubah edit mode ke text dan ketikan code dibawah ini int soil; void setup() { Serial.begin(9600); } void loop() { soil = analogRead(A0); Serial.println(soil); delay(15); } Setelah memasukan code diatas kemudian klik start simulation dan teman-teman bisa mengatur kelembaban dengan menggeser icon embun. Untuk lebih jelasnya bisa cek di video ini https://youtu.be/_wM2EjpJIIE

Tutorial Membuat Game Tebak Gambar Menggunkan App Inventor Secara Online

1. Buat project baru 2. Drag verticalArragement dari palette Layout sebanyak 3 kali 3. Drag image dari palette User Interface kedalam verticalArragement 1 4. Drag button dan texbox dari palette User Interface kedalam verticalArragement 2 5. Drag button dari palette User Interface kedalam verticalArragement 3 6. Klik Screen1 pada Components ubah AlignHorizontal menjadi Center 7. Drag label dari palette User Interface, letakan dibawah verticalArragement 1 dan verticalArragement 3 8. Ubah nama Text dari Label 1 dengan QuestionLabel 9. Kosangkan nama Text dari Label 2 10. Untuk mempercantik tampilan ganti background dengan yang diinginkan 11. Ubah nama Text dari Button 1 dengan Submit dan Button 2 Next 12. Buatlah Blok Diagram.Masuk ke menu Blocks yang berada pada kanan atas sebelah Designer 13. Susun Blok Diagram seperti gambar dibawah ini 14. Setelah selesai klik Connect pilih Emulator, tunggu hingga terjadi koneksi Jika di PC tidak bisa di emulate maka coba i...

Berjaya Bersama Harimau Ting Ting Ting

Pada hari pertama itu rasanya males banget terus ngerasa kaya pendidikan militer yang bapakStanleynya keras mba Evanya juga, tapi sudah berjalannya waktu yang asalnya seperti pendidikan militer itu penting untuk mengubah karakter dan kedisiplinan. Kemudian waktu jualan jujur rasanya ditok mentah mentah itu sakit banget tapi dengan jualan juga kita bisa mengetahui bagai mana rasanya yang menjdi sales kemudian jualan kerumah untuk menolaknya dengan sopan. Terus mengajarkan kita untuk tidak malu dalam hal posotif, belajar berbicara pada orang yang belum dikenal, juga di ajarin supaya tidak pantang menyerah dalam menawarkan barang kepadak orang. Pada saat gamenya jujur ngerasa sangaat cape tapi permainannya itu keren untuk melatih kita konsentrasi, kerjasama tim, percaya pada orang, dan fokus dalam satu tujuan. Sebelum melakukan game utama ini kita nyanyi-nyanyi dan game pemanasan dulu di lapangan terus disuruh bacain UUD 1945, Sumpah Pemuda, disuruh nyanyi kemerdekaan dan nynyi daerah ...