Langsung ke konten utama

Tugas 1

1.      Apakah yang dimaksud dengan Jaringan Komputer?
Jawab:
Jaringan Komputer adalah sebuah system yang terdiri atas computer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesan instan), dan dapat mengakses informasi (perambah web)
2.      Sebutkan tujuan dibuatnya suatu jarngan!
Jawab:
1.    Pembagian sumber daya: berbagi perangkat lunak (softwaredan perangkat keras (hardware) seperti berbagi pemakaian printer, CPU, memori, harddisk.
2.    Komunikasi: surat elektronik, instant messaging, chatting.
3.    Berbagi saluran komunikasi (internet) seperti untuk akses informasi menggunakan web browsing.
4.    Memudahkan komunikasi antar pemakai jaringan sehingga membantu mempertahankan informasi agar tetap andal dan up-to-date.
5. Berbagi data dengan mudah. Sistem penyimpanan data terpusat ataupun terdistribusi yang dikelola dengan baik memungkinkan banyak pengguna mengaskses data dari berbagai lokasi yang berbeda, dan membatasi akses ke data sewaktu sedang diproses.
3.      Apa saja kegunaan dari jaringan computer?
Jawab:
a.       Resource sharing (Menghilangkan batasan geografis): membuat semua program, peralan komputasi dan data tersedia untuk semua orang dalam jaringan tanpa batasan fisik lokasi antara sumber daya dan (resource) dan user.
b.      Time independence, dapat diakses setiap waktu.
c.       Reliabilitas Tinggi :
• Redundansi pada perangkat keras, perangkat lunak dan jaringan membuat service tersedia secara transparan untuk melihat suatu bentuk kesalahan pada komponen2nya.
• Jika suatu komponen network mengalami gangguan di suatu tempat, dapat saja fungsinya digantikan dengan komponen lainnya dari Network.
d.      Skalabilitas
• Jaringan computer menyediakan mekanisme yang efektif untuk menskalakan        service yang dibutuhkan sesuai dengan kebutuhannya.
e.       Manageability
• Jaringan menyediakan sumberdaya yang dapat di manage secara jarak jauh sehingga lebih efektif (contoh :remote control suatu teleskop yang dikendalikan oleh komputer).
f.       Cost - Effectiveness
• Jaringan menyediakan implementasi yang efektif dalam system terdistribusi yang kompleks yang harus dapat bekerja secara bersamaan. Contoh : kombinasi mainframe, workstation, PC, penyimpanan bersama dan pemakaian printer bersama.
• Menyediakan akses resource yang dibutuhan dari mana saja setiap waktu.
• Mendukung pula kolaborasi grup yang bekerja secara independent di lokasi tertentu, tanpa harus bercampur datanya.
   Akses ke informasi jarak jauh, koneksi user dengan remote.
Ø  Institusi keuangan : dapat membayar tagihan, mengatur account bank-nya, menangani investasi secara elektronik.
Ø  home shopping melalui katalog online dari berbagai perusahaan.
Ø  Personalisasi surat kabar online.
Ø  Pencarian kerja dan mengirimkan lamaran pekerjaan secara online.
Ø  Akses World Wide Web ke perpustakaan digital.
• Komunikasi Person to person.
Ø  EMAIL atau electronic mail
Ø  Video conferencing dalam jaringan
Ø  newsgroups di internet dengan diskusi educational, academic dan topik-topik lainnya.
Ø  Kelas electronik untuk universitas, yang memudahkan bagi mahasiswanya yang berada di tempat yang jauh.
Interactive entertainment
Ø  Game multimedia.
Ø  video on demand:
• Menonton movie atau pertunjukan televisi dimana saja, kapan saja.
• interactive movie dan pertunjukan.
4.      Apa kegunaan file transfer pada jaringan dan sebutkan beberapa software yang biasa digunakan untuk file transfer?
Jawab:
Fungsi FTP adalah Melakukan transfer file antara komputer yang terhubung melalui jaringan, termasuk internet. Dalam bahasa teknis, FTP dikenal sebagai protokol jaringan yang memungkinkan transfer file antara komputer yang tersambung pada TCP/IP yang berbasis jaringan. Hal ini mencangkup serangkaian peraturan dan prosedur untuk transfer data digital yang aman. FTP juga berfungsi untuk mempermudah dalam pembagian file-file., mempercepat secara tidak langsung atau implicyt menggunakan komputer remote, melindungi user dari berbagai file storage system antar host.
Fungsi FTP Server adalah menjalankan perangkat lunak yang digunakan untuk pertukaran file (File Exchange), yang selalu siap memberikan layanan FTP apabila mendapatkan request atau permintaan dari FTP Client. FTP Client adalah komputer yang meminta koneksi ke FTP Server untuk tujuan tukar menukar file (Upload dan Download File).
5.      Sebutkan software email yang biasa kita pakai untuk membaca dan menulis email !
Jawab:
- Microsoft Outlook
- Mozilla Thunderbird
- Opera email client
- Live Mail
- Pegasus Mail
- IncrediMail
- Mulberry
- Foxmail
- DreamMail
- Alpine
- Sylpheed
- inScribe
6.      Sebutkan beberapa macam aplikasi yang biasa digunakan untuk remote computer !
Jawab:
- Team Viewer
- Network LookOut Administrator
- Remote TaskManager
- Remote Computer Access 1.1
- Remote Administrator (Radmin)
- Diskeeper Administrator Edition 9
- Remote Administrator Control Client Lite
- Remote Administrator Control Server
7.      Sebutkan beberapa macam aplikasi yang biasa kita gunakan untuk browsing!
Jawab:

- Mozilla Firefox
- Opera
- Google Chrome
- Internet Explore
- Safari

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Membuat Kursi dengan Menggunakan Blender

Buka aplikasi Blender Shift + a pilih Mesh lalu Cube Buat dua layar Layar 1 View lalu pilih Front Layer 2 View lalu pilih Top S untuk memipihkan objek pilih Object Mode kemudian pilih Edit Mode Ctrl+R untuk memotong-motong objek pilih Face  E untuk memberi bentuk kaki kursi, dengan cara tekan ctrl+E kemudian pilih objek yang sudah dipotong lalu tarik kebawah Tekat E lagi untuk memberikan sandaran kursi

Simulasi Arduino + Soil Moisture Sensor "tinkercad"

Haloooooo Hari ini kita akan simulasi arduino dan  soil moisture sensor dengan menggunakan tinkercad. yang harus disiapkan adalah arduino dan soil moisture sensor Buatlah rangkaian seperti gambar dibawah ini Setelah dibuat rangkaiannya klik tombol code kemudian ubah edit mode ke text dan ketikan code dibawah ini int soil; void setup() { Serial.begin(9600); } void loop() { soil = analogRead(A0); Serial.println(soil); delay(15); } Setelah memasukan code diatas kemudian klik start simulation dan teman-teman bisa mengatur kelembaban dengan menggeser icon embun. Untuk lebih jelasnya bisa cek di video ini https://youtu.be/_wM2EjpJIIE

Cara Menbuat Kursi menggunakan Blender

Buka aplikasi Blender Shift + a pilih Mesh lalu Cube Buat dua layar Layar 1 View lalu pilih Front Layer 2 View lalu pilih Top